Harta Karun Yang Tersimpan Di Indonesia

10.22 Posted In Edit This 18 Comments »
Sob, tau gag, ternyata di perairan Indonesia tuh banyak banget harta karun dari jaman nenek moyang dulu. Dan orang yang paling terkenal yang sering mengeruk harta karun kita itu adalah Michael Hatcher. Doi adalah seorang kakek berusia 70 tahun asal Australia. Michael Hatcher dan jaringannya dijuluki raja pemburu harta karun. Hatcher telah beroperasi puluhan tahun dan diduga telah merugikan Indonesia triliunan rupiah akibat aktivitas mencuri kekayaan cagar budaya dari kapal yang tenggelam.


Harta karun yang dia dapat salah satunya adalah Kapal Geldermalsten di Kepulauan Riau pada Mei 1985. Geldermasten adalah kapal buatan 1746 milik perusahaan dagang Belanda, VOC yang mengarungi rute Guandong dan Belanda. Selain memuat teh berharga, kapal itu juga memuat emas dan porselen berkualitas tinggi. Pada 1752, kapal tersebut tenggelam. Hatcher berhasil mengangkat emas dalam jumlah banyak dari kapal tersebut dan lebih dari 150.000 porselen.


Pada penemuan tersebut memicu perdebatan dua negara, RI dan Belanda soal siapa yang berhak mendapat bagian dari harta karun itu. Belanda yang merasa sebagai pewaris mengajukan dalil, kapal Geldermalsen ditemukan di perairan internasional. Indonesia kalah telak dan tidak mendapat satu senpun.ckckckck..
Belajar dari kasus itu, pemerintah lalu membentuk Panitia Nasional Barang Berharga Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) untuk menghindari penjarahan harta karun.

Kini nama Hatcher kembali tenar sebagai penjarah harta karun.

Dia diduga berada di perairan Blanakan, Subang. Diperkirakan, dia baru saja menemukan harta karun dari Dinasti Ming yang tenggelam di perairan itu. Nilainya diperkirakan lebih dari US$ 200 juta. Jika berhasil diangkat, ini pencapaian tertinggi Hatcher sebagai pemburu harta karun.

Hatcher, yang dibesarkan di sebuah panti asuhan bahasa Inggris, mendirikan perusahaan penyelamat kapal pada 1970. Asalnya dia mencari barang-barang peninggalan Perang Dunia II, mengumpulkan timah, karet, dan besi bekas. Setelah menemukan harta karun di kapal tua yang tenggelam, dia lalu banting setir. Kini dia fokus mencari harta di bangkai kapal tua.

Namun sayang, pemerintah Indonesia cenderung kurang memperhatikan soal ini. Pemerintah terlalu sibuk mengurusi korupsi. Padahal di luar itu harta kita dikeruk dengan gampangnya. Lokasi harta karun tersebut bukan hanya ratusan titik seperti yang diketahui publik saat ini, tetapi mencapai puluhan ribu titik. Nilai harta karun yang sebagian besar masih terpendam dalam laut tersebut sangat tinggi, bahkan lebih besar dari nilai utang negara kita yang mencapai lebih dari Rp 1.600 triliun. 

Hmmm.. lumayan kan kalo aja bangsa Indonesia sendiri yang mengambil harta karun nya, bisa lunas tuh utang Indonesia.


Cheers,
Hesty

18 comments:

ariefborneo mengatakan...

Bener bnget seandaix sja bngsa kita yg mengerjakan pengangkatan harta karun di laut itu,pasti bsa melunasi hutang2 negara ini...!!artikel yg menarik mba..thnxs

Ms. Hesty,, mengatakan...

yupp bener bangett^^

Wiwied mengatakan...

Cintaaaaaaa.....
Cintaku yang cuantix kayak blognya.... ...
Kapan-kapan kamu pake gaya arkeolog dunk,,, nulis tentang kapal titanic.... pasti seru... xixixi...

Duh, kapan yah di Indonesia ada arkeolog yang tampan? Ganteng tapi cinta tanah air, kapan lagi? xixi..

Artikel kmu bagus banget... andai punya FB, ini udah aq share ketemen2 dari bagian teknologi, barangkali bisa bikin artikel yang mutu kayak kmu punya ini... ck ck ck

Baca Naruto Indonesia mengatakan...

info yang bagus mba...keep posting ya...follow saya donkk... :D

Dhani mengatakan...

Betul banget....lebih baik liat dulu yang tak terlihat seperti harta karun didalam laut yang masih terpendam sebelum diambil orang luar..........Nice article sama seperti yang punya blog...........hhehe....

Ms. Hesty,, mengatakan...

@Wiwied...
heheheh... makasiiihhh :* muahhh^^

@Baca Naruto Indonesia...
makasii^^

@Dhani...
hehehe.. makasiii^^

hari mengatakan...

bener2 sayang banget harta yang seharusnya miliki kita dicuri orang asing, lah..orang Indonesia pada kemana yah???

Ms. Hesty,, mengatakan...

@hari..
tau tuhh orang Indonesia masi tidur kalii..^^
(kita juga orang Indonesia kan??) xixixi^^

aryadevi mengatakan...

iya sobat, kemarin lihat beritanya di tv ..mmm memang kita dipecundangi trus ni

Miss Rinda mengatakan...

duh tw gitu aq nyari deh hes,,eh takut dimakan hiu denk,,,hihi^^

mudh2an bisa keambil dluan sm org indonsianya ^^

Ms. Hesty,, mengatakan...

@Rinda..
Hayuuu kita nyari berdua.. wakakaka.. nyelem ke dasar laut ^o^

kristiyana shinta mengatakan...

biaya menemukannya pun sudah mahal,, hehehe

Prie mengatakan...

rasanya menyenangkan ya berpetualang mencari harta karun, palagi klo ampe bener-bener dapet tuh harta wuuaahhh tambah semangat dech ...
kapan ya saya bisa berburu harta karun ...

Ms. Hesty,, mengatakan...

@Prie.. Yuk qt berburu bersama2, bagian'y buat aku 80% dn buat kamu 20%, wakakaka

shidiq mengatakan...

berburu harta karun, tempatnya ya di Indonesia...tanah nusantara nan kaya raya gemah ipah loh jinawi...

Purnomo mengatakan...

Bangun dari tidur RI 2 minggu lalu Hatcher berada di London untuk cari pelelang barang yang diambil dari Blanakan.Lihat nanti pasti ada berita lelang keramik Ming.Ini permainan AL, BMKT dan Polisi RI.Coba nanya mantan departmen kelautan Syafri Shaifudin

marsel galardo mengatakan...

semangat terus

Percetakan H MEDIA JAYA mengatakan...

bloknya cantik kaya orangnya & pinter bisa ampe amarik lagi

Posting Komentar