Road To World Cup 2010 : This Time For Africa

13.17 Posted In Edit This 2 Comments »


Sebentar lagi Piala Dunia bakalan digelar, demam piala dunia juga udah mulai berasa banget.. Walopun mungkin sebagian dari kita gag suka-suka banget sama sepak bola, tapi gag ada salahnya kan menambah wawasan tentang ajang bergengsi yang satu ini. Biar nyambung dikit lahh and biar bisa tetep eksis dikit, yang lain kan pada demam Piala Dunia, xixixixi...

Ini nih event yang paling ditunggu-tunggu warga dunia tahun ini. Sejak diadakan di tahun 1934, sampai sekarang FIFA World Cup telah mencapai perayaan nya yang ke-19. Dan sesuai dengan official song of World Cup 2010 berjudul "Waka-Waka" (This time for africa) yang dinyanyiin Shakira, untuk pertama kalinya event ini diselenggarakan di benua Afrika. Afrika Selatan terpilih sebagai tuan rumah setelah menyisihkan calon lainnya yaitu Maroko dan Mesir. Gag main-main, untuk menyambut turnamen ini, Afrika Selatan menyediakan 10 stadion megah yang tersebar di 9 kota. Enam diantaranya adalah stadion berkelas dunia yang baru dibangun. Empat venue lainnya telah mengalami pemugaran khusus dalam rangka menyambut event yang berlangsung dari 11 Juni - 11 Juli 2010 ini.

Stadion-stadion keren itu adalah :

~FNB a.k.a Soccer City (Johannesburg)



Moses Mabhida (Durban)
 


Green Point (Cape Town)
 


Ellis Park (Johannesburg)
 


Loftus Versfeld (Pretoria)
 


Nelson Mandela Bay (Port Elizabeth)
 


Free State (Bloemfontein)
 




Peter Mokaba (Polokwane)
 


Mbombela (Nelspruit)
 



Royal Bafokeng (Rustenburg)




Dan Soccer City lah yang rencananya bakalan dijadiin tempatpertandingan pembukaan (Afrika Selatan vs Meksiko) sekaligus final World Cup 2010.


Fun Facts..

- 32 tim akan berlaga dan dibagi 8 grup dari A sampai H. Biasanya selalu ada grup maut di Piala Dunia. Tahun ini ada di Grup G yang di isi Brasil, Korea Utara, Pantai Gading dan Portugal.

- Tiket Piala Dunia 2010 sempat dikabarkan gag laku karena kemahalan. Belum tingginya biaya akomodasi dan tingkat keamanan Afsel yang beresiko. Namun, akhir April kemarin, katanya hanya sisa 4% tiket yang belum dibeli. Bahkan, Sekjen FIFA, Jerome Valcke, berani jamin gag bakal ada bangku kosong di Piala Dunia. 2010.

- Harga tiket termurah untuk pertandinagn pembukaan dilepas seharga 140 euro (Rp 1, 8 juta) dan tiket termahal saat final 630 euro (sekitar Rp 8,3 juta)

- Hak siar di Indonesia tahun ini dipegang Electrinic City entertainment (ECE). Sebagai media partner, ECE menggandeng RCTI dan Global TV. Mau tau berapa harga lisensi tahun ini? Katanya sih naik sekitar 4-5 kali lipat dari harga sebelumnya, dimana SCTV harus mengeluarkan US$ 10 juta atau sekitar Rp 90 miliar saat Piala Dunia 2006 (dihitung sendiri yaa.. hehehe)


ZAKUMI...

Makhluk lucu ini mulai sering wara-wiri dimana-mana dalam rangka menyambut Piala Dunia. Yup, Zakumi adalah maskotnya Piala Dunia 2010. Nama Zakumi berasal dari kata "Za" yang merupakan kode dua huruf untuk Afrika Selatan, dan "Kumi" yang berarti "sepuluh" dalam bahasa Afrika. Macan tutul kuning berambut hijau ini lahir pada 16 Juni 1994, tepat di Hari Pemuda Afrika Selatan.


Jabulani..

Kalau yang ini bola resminya Piala Dunia 2010. Namanya Jabulani, yang dalam bahasa Zulu artinya "maeayakan". Bola keluaran Adidas ini diperkenalkan tepat sebelum pengundian grup Piala Dunia pada 4 Desember lalu.

Inget guys, tanggal 11 Juni 2010 ini yaa... :))

Cheers,
Hesty

2 comments:

om rame mengatakan...

keren-keren yah stadionnya.
terima ksih atas sharenya.
kunjungan perdana, saLam persahabatan.

ariefborneo mengatakan...

Pertamaxx..wah hoby bola jga y teh?mav ni ane bru mampir..apa kabarnya teh?

Posting Komentar