Arti Sebuah Janji

16.29 Posted In , Edit This 2 Comments »
Prophet Muhammad say: Three things if you had it, verily you are hyporite, even if you performed fasting for a month whole, pray and admitted as Muslim, first lie when talk, second, broke a promise, and disobey  a reponsibilty given.


Saya yakin diantara kalian pasti ada yang pernah menerima suatu janji dari seseorang ataupun memberikan janji. Tahukah kalian, janji itu seperti hutang dan janji itu adalah sebuah tanggung jawab. Sebegitu penting nya arti dari janji inilah yang menyebabkan janji wajib ditepati.
Seperti yang saya rangkum dari Yahoo! answer berikut ini mengenai arti Janji :

@pinkie
Menurut gue janji itu adalah sebuah tanggung jawab...sesuatu yg wajib ditepati,,krna klo ga ditepati berarti gue munafik,,,krna ciri2 org munafik salah satunya bila berjanji mungkir..

Apalagi dlm suatu hubungan,,janji ini layaknya seperti serpihan2 kecil dr komitmen,,terkadang janji2 yg terlontarkan bisa dijadikan ukuran seberapa besar komitmen org lain thd pasangannya,,seberapa serius dia thd pasangannya..


Apalagi cowo,,cowo sangat ditentukan nilainya oleh ucapannya,,apakah dia bisa memegang ucapannya..termasuk janji2nya..bisa aja mereka yg selalau meremehkan janji2nya n melewatkan gitu aja dianggap tidak punya tanggung jawab,,


sepertinya janji itu kelihatan sepele,,tapi sebenernya janji itu adalah hal yg sangat essential,,sangat2 penting,,so jgn pernah mempermainkan janji2 kalian,,
@lia
Janji adalah sebuah harapan.......
@rara
Arti janji buat aq sama aja dengan hutang....
selama kita bisa and mampu menepati janji yang kita buat, kita harus melaksanakan janji kita.
jadi, aq pribadi klo aq merasa tidak bisa untuk janjiin apapun keseseorang atau ke siapa saja. aq akan terus terang bilang klo aku "tidak bisa janji" .
tetapi klo janji tsb sudah terlanjur diucapkan pasti akan aq tepati. klaupun tidak bisa, aq akan mengkonfirmasi dan minta maaf krn tidak bisa menepati janjiku. 
@volunteer
Janji adalah utang,itu kata semua orang.menurut saya itu memang benar.selain itu,janji bagi saya adalah cerminan diri karena orang yang menepati janji adalah orang yang memiliki kepribadian, bertanggungjawab, dan pastinya setia.

@Ris
Janji bagi saya adalah citra..,. So saya akan sangat malu sekali pada diri sendiri jika tidak menepatinya. Maka...be carefull, jika igin mengucakan janji..
@¶¶akhfaa
Janji adalah sebuah kata yang mudah banget kita ucapkan tapi dalam menepati janji itu sangatlah sulit,,.kita kerap berjanji kepada orang tapi jarang bisa untuk menepatinya,,palagi kalo janji ma orang yang disayang janji sehidup semati tapi pas salah seorang mati kita malah cari yang laimn heheheheheheh

Just kidding

Intinya jangan berjanji alo gak isa menepati janji itu harus dibayar dan kata janji sangat mudah di ucapkan tapi sulit ditepati bagi mereka yang suka mengumbar janji.
Setelah melihat pendapat teman-teman diatas, janji itu memang sesuatu yang wajib kita penuhi. Kadang memang terasa berat buat kita untuk memenuhi nya. Oleh sebab itu, ada baiknya kita berpikir terlebih dahulu sebelum memberikan janji kepada orang lain, jangan sampai kita disebut orang yang munafik hanya karena lupa menunaikan janji. Saya sendiri pun masih sering mengabaikan janji, entah itu dengan teman, orangtua, ataupun kepada Allah Sang Pencipta (Astagfirullah...)  
Allah the Almighty say: O believers, fulfilled your promises. (Al Maidah:1)

This is an advice as a friend. Either you accept it or not, it is up to you. Ini hanyalah bahan pembelajaran untuk saya dan  untuk kita semua agar selalu menepati janji.

Cheers,
Hesty

2 comments:

acak-acak mengatakan...

Jangan pernah mengatakan Janji, jika tidak yakin bisa menepatinya, seperti memberikan harapan kosong. thanks atas info nya..

Knowledger80 mengatakan...

janji adalah harapan dari sang penerima janji dan sebuah komitmen dari sang pembuat janji.. walau memang saat ini komitmen adalah kata-kata yang ditakuti...

seperti sebuah janji dari seorang anak dalam hatinya bahwa ia akan kelak membuat mamanya tidak perlu lagi tinggal di rumah kontrakan... ia akan berusaha keras menabung untuk membahagiakan mamanya..

walau mungkin tahun berlalu dan dia belum bisa memenuhi janjinya itu.. tapi paling tidak dia tetap berusaha...

salam kenal, mampir ya ke blog amatir saya :)

Posting Komentar