Android for Dummies

15.03 Posted In Edit This 0 Comments »
Jangan bangga dulu kalo kamu udah menguasai iPhone atau Blackberry. Keduanya memang fenomenal dan sempat merajai dunia teknologi ponsel. Tapi sekarang mereka harus berbagi "tahta" sama penemuan baru bernama Android. Apa dan gimana OS berlogo robot hijau ini "mencuri" perhatian banyak pecinta gadget? 


OPEN and "OPREKABLE"

Android pertama kali dikenalkan November 2007 sebagai sebuah operating system (OS) telepon seluler, khususnya smartphone. Kalo Microsoft Windows atau Macintosh-Apple dibikin supaya bisa me-manage kinerja komputer mu, maka seperti itulah cara kerja Android disebuah smartphone. Kebanyakan OS diponsel bersifat tertutup yang artinya hanya produsen nya aja yang bisa mengembangkan sistem tersebut. Contohnya Blackberry dan iPhone. Kita gag bisa sembarangan download atau install aplikasi kalau bukan aplikasi resmi yang berasal dari mereka. Para pengembang aplikasi handphone dengan OS tertutup sangat ketat meminimalisir aplikasi pihak ketiga demi keamanan pengguna (supaya gag gampang terkena virus/bug). Pengguna iPhone bahkan harus melakukan jailbreak alias "membobol" OS secara ilegal kalau mau memodif iPhone mereka dengan lebih mudah. Tapi beda dengan Android,. Android bersifat open source yang artinya bebas dikembangkan siapa saja, baik oleh produsen ponsel, pengembang aplikasi maupun para pengguna. Dengan ponsel berbasis Android, kamu bisa download atau bahkan membuat sendiri aplikasi apapun yang kamu mau! Makanya kebanyakan penggunanya adalah para gadget freak karena Android bisa di-oprek dan diutak-atik, hehe... Syaratnya hanya satu : koneksi internet!


NOT JUST SMARTPHONE

Sama seperti OS lain, Android juga punya banyak versi dan pengembangan. Versi yang paling pertama dirilis adalah versi 1.5 yang diberi nama Cupcake yang salah satu feature-nya memungkinkan pengguna merekam dan meng-upload video ke Youtube. Setelah itu muncul versi Donut, Froyo dan yang baru mau keluar adalah versi Gingerbread. (Hmm.. kenapa nama makanan semua ya?) MySpace

Setiap versi baru adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya. Kabarnya, untuk upgrade dari versi satu ke versi perbaikannya, masih tergantung kesiapan brand ponsel yang kita gunakan. Mungkin bakal bingung juga waktu pertama kali pegang Android, tapi beberapa pengguna memuji menu-nya sangat user friendly sehingga gampang dipelajari. Dan setelah sukses besar dengan ponsel, Android juga sudah digunakan untuk komputer tablet. Di tahun 2010 iini aja, sudah banyak brand yang bikin tablet berbasis Android seperti Identity Tab dari Korea Telecom, Streak dari Dell, Cius dari Cisco dan Galaxy Tab dari Samsung. Indonesia pun gag mau ketinggalan memproduksi Zyrex Onepad MS 1110.


Some Of The Hardware...

~Motorola Milestone
Ponsel yang di Amerika lebih dikenal dengan nama Droid ini dijual seharga 5,9 juta.

~Sony Ericsson Xperia X-10
Harganya masih sekitar 5,7 juta, karena selain punya layar 4 inchi yang oke untuk keperluan multimedia, kameranya juga beresolusi tinggi (8 MP).

~Samsung Galaxy Spica i5700
Ponsel Android terbaik versi Indonesia Cellular Award 2010, harganya 2,8 juta.

~IMO S900
Kalo cinta produk dalam negeri, pilih IMO S900 untuk ponsel Android-mu. Harganya 2,2 juta.



+ Plus nya Android..
~ Karena open source, bisa di utak atik sendiri sesuai selera. Mulai dari aplikasi, sampai tampilan di layar. Ponsel Android mu jadi bersifat sangat personal.
~Harga lebih murah dengan aplikasi yang (menurut para penggunanya) lebih banyak dan lebih canggih dibanding smartphone lain.
~Bisa multitasking. Kamu bisa menjalankan beberapa aplikasi berbarengan.
~Lebih banyak pilihan ponselnya. Beda dengan smartphone lain, Android punya banyak hardware dari berbagai merk.
~Lebih stabil, gag gampang hang/error dan lebih aman dari virus


- Minus nya Android..
~Karena masih terhitung baru dan belum terbiasa, agak membingungkan saat pertama kali dipakai.
~Harus selalu terhubung dengan koneksi internet. Harus siap budget lebih supaya pulsa gag putus.
~Karena pasar aplikasi Android terbilang bebas, maka kita juga bakal sering terganggu dengan tampilan iklan seputar aplikasi yang baru kita download.


Google mengklaim, ada lebih dari 160ribu ponsel Android terjual setiap harinya di seluruh dunia. Hasil survey Nielsen awal Oktober lalu membuktikan bahwa 32% pasar smartphone di Amerika sudah dikuasai Android, sedangkan iPhone dan Blackberry, masing-masing hanya kebagian 26% dan 25%.
Di Indonesia sendiri pasar Android mulai digarap oleh provider Telkomsel di awal 2009 dan Indosat pada Februari 2010. Dilanjutkan oleh Telkom Flexy yang meluncurkan Android untuk para penggemar CDMA akhir Agustus kemarin. 



source : GoGirl

0 comments:

Posting Komentar