Resep Keripik Singkong Pedas

09.46 Posted In Edit This 7 Comments »
Mungkin kalian semua sudah tau bahwa akhir-akhir ini snack keripik singkong yang sangat pedas itu lagi booming-booming nya. Dari tingkatan 3, 5 dan 10 bisa disesuaikan dengan lidah kita mana yang cocok rasa pedas nya.Yang pasti level tertinggi bisa buat kalian berkeringat MySpace dan bolak-balik WC MySpace
hehehe ^^v
Nahhhh *efek dramatis*...... kenapa gag kita buat aja keripik nya sendiri bisa nyesuain tingkatan pedes nya sendiri juga.. soal rasa tergantung masing-masing yang buat yaaa MySpace

Cara membuat keripik singkkong pedas ternyata mudah kok.. Kalian tinggal siapin ini ya :


    keripik singkong, siap pakai, bisa beli disupermarket kok yang tinggal digoreng aja,
    minyak goreng
    gula merah serut, jumlah nya disesuaikan
    2 sendok makan gula pasir
    2 sachet terasi udang ABC, bakar
    2 helai daun jeruk
    1 sendok teh ketumbar
    3 siung bawang putih
    5 buah bawang merah
    4 buah cabai merah
    1/4 sendok teh garam
    100 ml air panas
*jumlah diatas bisa disesuaikan ya

Cara masaknya :

    Campur terasi udang ABC, bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai merah dan garam. Tumbuk hingga halus.
    Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, gula pasir dan gula merah. Aduk hingga gula larut.
    Tuangkan air, masak hingga mendidih dan gula kental. Kecilkan api, masukkan keripik singkong. Aduk rata hingga bumbu menempel rata. Angkat.
    Letakkan singkong Besta Bumbu Terasi dalam loyang, angin-anginkan sebentar.
    Simpan dalam wadah kedap udara.

Jadi dehh... horeeeee MySpace 

Eitss,,, tapi ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan juga nii.. gag enak kan kalo keripik yang kita buat itu keras, yang ada nanti malah copot gigi kita pas nge-gigit nya :D

Tips supaya keripik renyah ni gan :

Untuk meminimalkan kegagalan-kegagalan dalam membuat keripik, seperti tidak renyah, banyak minyak atau bentuknya tidak menarik, ikuti tips-tips berikut ini :
  • Agar irisannya merata, gunakan alat pemotong yang bisa diatur sesuai kebutuhan.
  • Membuat camilan dari bahan hewani yang belum dikeringkan agar renyah : Lapisi dengan campuran tepung beras atau tepung bumbu siap pakai.
  • Gunakan selalu minyak goreng yang baru untuk menggoren keripik agar rasanya sesuai dengan bahan yang digunakan dan keripiknya bersih, tidak tercemar makanan yang digoreng sebelumnya.
  • Agar matangnya merata, goreng keripik dalam minyak panas dan banyak, serta jangan masukkan adonan terlalu banyak ke dalam penggorengan.
  • Agar keripik tidak lengket satu dengan yang lainnya, masukkan adonan satu per satu saat minyak benar-benar sudah panas.
  • Agar tidak banyak pada keripik, setelah ditiriskan letakkan diatas loyang atau baki beralas kertas merang atau tisu agar minyak terserap.
  • Untuk menghindari kebosanan terhadap rasa keripik atau untuk memperkaya rasa, padukan bahan keripik dengan bumbu-bumbu yang tidak biasanya seperti bumbu bubuk BBQ, rasa pizza, rasa bumbu thailand, atau lainnya.
  • Agar keripik tetap renyah dan tahan lama masukkan keripik dalam wadah kedap udara dalam keadaan dingin. Pastikan saat toples ditutup, keripik atau makanan yang ada di dalamnya benar-benar dingin dan tidak menimbulkan uap atau embun yang bisa menyebabkan jamur.
  • Jika sebelum masa kadaluwarsa tiba, dan keripik ternyata sudah melempem atau tidak renyah, sebaiknya goreng atau oven kembali keripik tersebut.
Nah, sekarang udah tau kan.. coba bikin yukk :)


Cheers,


Hesty MySpace

credit to : http://resepmasakanindonesia.info/
Photo fr. Google sebagai ilustrasi ^^v

7 comments:

Bang Pendi mengatakan...

Mba Hesty ude bikin blom? klo sudah, Bang Pendi cobain deh, hehe

Ms. Hesty,, mengatakan...

Udah bang, enak kok hasil nya, hohoho
cobain bikin ajah ;-)

Cheat Game4u mengatakan...

liatin gambar n resepnya aja uda bikin ngilerr.. :bagii

Ms. Hesty,, mengatakan...

Bikin aja :)

Anonim mengatakan...

hmmm...kliatannya nih resep copas deh..kreatip dikit donk

Ms. Hesty,, mengatakan...

hello mas/mbak anonim diatas.. poatingannya dibaca dulu yak kan disitu emang udah ada sumber nya jadi yg bikin ya sumber itu *cheers*

Rachma Dyah mengatakan...

emang tenggat kadaluarsanya berapa hari/minggu/bulan mbak??

Poskan Komentar