Info dan Sejarah Keripik Maicih

14.54 Posted In Edit This 16 Comments »


Kita semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan keripik Maicih, tapi tahukan kita sejarah dan cerita dibalik ketenaran keripik itu. Sipa pendiri nya, siapa Maicih pula. Apakah dia berwujud atau hanya jadi-jadian 

 
The Story Begin (Gambaran Singkat)


Keripik singkong maicih lahir di bulan juni 2010 (ownernya juga lupa tanggalnya), FOUNDER nya adalah Dimas Ginanjar Merdeka (Bob merdeka), konsep awal penjualan adalah door to door, dan dulu cara ordernya bisa melalui twitt*r (@bobmerdeka) dan dia memulai usaha ini bersama pasangannya mei_ra.

keripik singkong ini dimulai dari plastik polos (tanpa logo) dan diberi nama "maicih" oleh bob merdeka, pertama kali di pasarkan tidak berlevel, hanya 1 jenis = Pedas saja, para pembeli pertamanya tidak lain hanyalah kalangan teman2nya saja (sma 2 bdg / Unpar bdg) dari saran,masukan dan kritik, munculah maicih ber level dari 1-10 (namun karena alasan repot akhirnya disempitkan menjadi level 3,5, dan 10 saja)

logo pertama maicih dibuat oleh teman dari si bobmerdeka , dan di maicih mulai mempunyai logo sejak juli 2010, hingga desember 2010 berganti logo dikarenakan semakin banyaknya peminat + logo dirasa butuh improvisasi, logo baru ini bertahan cukup lama (termasuk acara Trademark dan pruungout, serta event2 lainnya) hingga akhirnya dikarenakan satu dan lain hal (termasuk inovasi dari CV maicih) muncullah logo baru maicih sekarang yang sudah dilengkapi oleh DINKES dan HALAL, dimana untuk pembuatan kedua izin tersebut dibutuhkan HAK PATEN dari nama "maicih" sebagai merk dagang (makanan ringan) .... cmiiw



 Logo pertama @maicih Juni 2010 - Des 2010


 Logo kedua maicih yang dipakai dari Desember 2010 - Mei 2011, menjadi kontroversi karena digunakan oleh "maicih" lain, dan di Claim menjadi logo mereka (padahal nama "maicih" nya aja ga punya)


 Salah satu Foto dari bob merdeka saat event trademark di bandung (bob merdeka yang menjadi penggagas usul agar maicih bisa masuk ke dalam event besar tersebut, diamini oleh panitia yang memang mengetahui bahwa bob merdeka adalah owner+founder dari maicih.


Tambahan info :
Mengapa lebih sering AXL yang muncul di media dan televisi?? awalnya dia hanya "ikut-ikutan" untuk berjualan maicih, bahkan pada awal masuk media bob merdeka lah yang disorot, sebagai kakak kandungnya bob merdeka mendelegasikan "MARKETING" kepada AXL, dari promosi, hingga menghiasi tabloid, bahkan televisi, sedangkan bob merdeka memikirkan bagian produksi, satu dan banyak cerita akhirnya "putus" disini , dan bob merdeka yang selama ini "jarang" menghiasi media mulai tampil (live hard rock FM bdg, iRadio bdg, GoGirl Magazine edisi april, tribun jabar, dan media televisi (selamat pagi trans 7)


infomaicih itu sebuah akun twitter yang dulu "katanya" dibuat oleh konsumen tepat 2 hari setelah event trademark, selain dari akun2 lainnya (maicihYEAH (akun kontroversial dengan memberikan data dan fakta persaingan maicih), kondemaicih (akun non-resmi dari maicih yang isinya memberi humor2 segar), dll), namun sang admin dari akun tsb membantu dengan meng infokan penjualan maicih di bandung, bahkan di indonesia, tetapi setelah followernya mencapai 30rb, terjadilah hal yang diatas "penihilan" terhadap pihak tertentu membuat nya menjadi akun maicih "terbesar". sedangkan @maicih adalah official akun untuk produk maicih yang dimulai dari juni 2010 (akun ini dibuat di oktober 2010 dan pertama kali tweet adalah bulan april..cmiiw) dengan tujuan mencegah hal2 yang tidak diinginkan, begitu juga dengan websitenya (www.maicih.com) yang sudah dari awal "dipegang" oleh bob merdeka (disamping LEGAL berupa Hak Paten merk dagang, Dinkes, Halal, LP. Pom)

untuk rasa dan kualitas, sepenuhya diserahkan kepada konsumen, karena disini lidah yang menentukan, apakah condong ke @maicih atau ke infomaicih karena selera orang pasti berbeda


ps : ringan saja, kalo nama anda Kaskus, apakah lebih afdol pake nama @kaskus di twitter ataukah @infokaskus ? semoga anda lebih bijak menilainya


 oooooooOOOOOooooooo


Nah sekarang kan saya jadi ngerti kenapa bisa beda bungkus gitu Maicih nya, ternyata ini toh cerita nya..


taken from : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9441625

16 comments:

diarara mengatakan...

hai hai salam kenal :))

sayah juga ngebahas soal @maicih dan @infomaicih di blog sayah --> http://diarara.blogspot.com/2011/06/is-it-different-maicih-infomaicih.html

dan baru tau ternyata ownernya itu adek kakak ya? sayang sekali terpecah jadi dua gitu -__-"

Ms. Hesty,, mengatakan...

Iya, sayang banget jadi pisah gitu..
Jadi intinya itu gag palsu cuma gara2 pisah aja jadi ada 2 macem gt, tapi namanya kenapa sama.. harus nya dibedain gt jadi konsumen gag bingung..misalnya maicih kakak sama maicih adek.. wkwkwk :D

Tutorial Photoshop mengatakan...

wah, gitu ya

makasi inponya ya

Anonim mengatakan...

hemhhh pantes kemaren pagi ane kasih pict ke bb nya marketing infomaicih, dia diem aja disebut kalau yang mempunyai label MUI sebagai produk aspal, ternyata emang yang asli yang ada label MUI....soo....daripada barantem...baikan lagi aja...

Ms. Hesty,, mengatakan...

@Anonim..
Iya, diluar dari produk nya, kan gag asik juga beranteman gt :D

Anonim mengatakan...

iya juga sih aku jg sempet bingung mana yg asli mana palsu.
klo gini mah namanya gak ada yg asli gaada yg palsu. mereka uda jalan sendiri2,dengan resep (yang gak mungkin sama) aku pikir. hehehe
cuma nama aja kali ya yg sama.
ah semoga sukses keduanya lah ya,,nnt juga bakal kena seleksi alam :D

Anonim mengatakan...

berantemnya berbau strategi marketing dari orang2 jenius, dimas maupun reza,, mantap infonya :)

reix mengatakan...

ooo...jd gt ya ceritanya...sempat beli yg pake logo maicih ngadep kedepan, ternyata itu punya kakaknya...sepertinya emang strategi pemasaran, yg penting laku tuh dua2nya...

Anonim mengatakan...

bob merdeka itu memputar balikan fakta.

bangkesipil mengatakan...

salam kenal,

saja juga lagi bahas experience saya nyobain maicih di blog saya. Kalo nggak keberatan, saya pakai posting anda untuk jadi referensi sejarah maicih, boleh?

trims :D

Ms. Hesty,, mengatakan...

Boleh2 aja :D

anonim mengatakan...

klo sekedar analisis, disini seperti 1 perusahaan dengan 2 manajemen yang berbeda, tetapi tetap satu perusahaan, soalnya dalam sebuah bisnis tidak boleh memiliki nama perusahaan yang sama, disini maicih tebagi dua walaupun berbeda logo dan konsep pemasaran, tapi pada intinya tetap memakai nama maicih, tidak peduli ada yg bilang yg satu asli ataupun palsu, jika salah satu untung tetap saja membawa nama maicih..

Ms. Hesty,, mengatakan...

iyaa.. mungkin strategi pemasaran nya kali.. cmiiw ya, ga tau juga deh :DDD

Puguh Setiawan A.Md mengatakan...

sy pengen order bwt reseller gmn cara nya ya...??? coz byk bgt n g seragam hrga nya....

Ms. Hesty,, mengatakan...

saya ga jual ;;)) cuma share info yg saya dpt aja dr kaskus *cheers*

Keripik Maicih Official Website mengatakan...

wah, saya sebagai reseller malah baru baca artikel ini, aduh ketinggalan yah, hehe.. terimakasih atas informasinya, semoga berguna bagi teman-teman lainnya, terimakaish.

Mochamad ali mulyana
Keripik Maicih - Official website

Posting Komentar